Kami telah jatuh cinta dengan prosesor Intel

Kami telah jatuh cinta dengan prosesor Intel Atom 230, pembangkit tenaga listrik kecil yang memberikan daya 1.6GHz pada motherboard seukuran kotak DVD terbuka.

Ini menunjukkan banyak harapan untuk masa depan komputasi di rumah: akhirnya PC yang mampu media center dalam faktor bentuk yang cukup kecil yang tidak akan terlihat dan terdengar seperti Anda memiliki gardu listrik di sebelah TV Anda.

Tetapi papan yang ditenagai Atom qqgobet ini bukannya tanpa masalah utama – karena hanya mendukung slot grafis PCI Neanderthal yang positif, berbeda dengan PCI-E yang jauh lebih modern.

Ini adalah platform Intel yang tertatih-tatih serius dan disengaja yang memengaruhi kinerjanya sebagai pusat media PC: ia tidak dapat menangani game-game terbaru, dan hanya dapat menjalankan video 1080p dengan sebuah boot overclocking yang kuat di belakang prosesor.

Masuk ke prosesor Nano Via dan papan Epia mini-ITX. Ini ukuran yang sama dengan Intel, tetapi chip berjalan pada 1.8GHz, dan – yang terpenting – termasuk slot PCI-E. Itu membuat papan Intel malu; tetapi ada kemungkinan bahwa itu belum benar-benar tersedia, dan Via belum menyelesaikan bentuk yang akan masuk. Namun, kami tidak akan pernah membiarkan itu menghentikan kami menempatkan model pra-produksi melalui langkah-langkahnya.

Memang, kami sedikit skeptis tentang usaha terbaru Via: perusahaan itu memiliki sejarah yang jelas. Dari masalah teknis yang parah menggunakan prosesor mereka sebelumnya dengan kartu grafis AGP, hingga perselisihan paten yang hampir menghancurkan perusahaan dengan Intel; Cukuplah untuk mengatakan bahwa Via berada di ujung perusahaan chip yang terkenal itu.

Syukurlah, Nano terlihat siap untuk menaruh semua permusuhan di masa lalu, dan menunjukkan perusahaan menemukan kakinya lagi. Nano menggunakan arsitektur C7 yang sama dengan mini-CPU Via sebelumnya, dan karenanya kompatibel dengan motherboard mini-ITX yang lebih lama.

Motherboard Epia itu sendiri termasuk CN896 Northbridge terbaru Via, yang merupakan tempat dukungan PCI-Express, serta port VGA onboard. Sayangnya, belum ada port DVI built-in – keluhan utama dari seorang rekan adalah bahwa ia tidak dapat menyambungkan kartu TV tuner dan menampilkan siaran definisi tinggi pada saat yang sama.

Seperti halnya motherboard Atom, Epia termasuk pendingin pasif pada prosesor itu sendiri, dan memiliki satu kipas kecil berdaya rendah di Northbridge. Nano mencapai ini dengan secara otomatis meningkatkan kinerja dan kondisi tegangan berdasarkan suhu die, yang menyebabkan pendinginan optimal tanpa mempengaruhi kinerja.

Ini tidak hanya menghentikan pencairan komputer Anda, tetapi juga mengoptimalkan konsumsi daya prosesor – Nano akan menghasilkan minimum 5W, dan maksimum 25W. Jadi meskipun tidak cukup menyamakan Atom dari sudut kinerja lurus, ia berdiri di atas dan di atas pada rasio daya / kinerja. Kami telah jatuh cinta